Jurusan DKV Terbaik di Indonesia – Memilih jurusan DKV terbaik di Indonesia kini bukan lagi hal yang sulit. Ada beberapa universitas di Indonesia yang telah memberikan pendidikan terbaik untuk Desain Komunikasi Visual. Secara umum jurusan DKV tidak hanya dituntut untuk menghasilkan sebuah karya seni saja, namun juga mempengaruhi sikap seseorang terhadap karya yang diciptakannya.

DKV merupakan salah satu sisi dari cabang ilmu desain. Saat masuk, Anda akan disuguhkan kreasi seni yang informatif, komunikatif dan efisien. Tak heran jika jumlah pecintanya semakin meningkat setiap tahunnya. Berikut pilihan universitas tempat Anda bisa belajar Desain Komunikasi Visual (DKV).

Rekomendasi Perguruan Tinggi DKV Terbaik di Indonesia Akreditasi A

1. Universitas Tarumanagara

Salah satunya adalah universitas desain grafis yang cukup baik dan ahli dalam menghasilkan lulusan berprestasi yaitu Universitas Tarumanegara. Departemen DKV telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT yang berlaku tahun 2017-2022. DKV Universitas Tarumanegara berada pada Fakultas Seni Rupa dan Desain. Jika Anda mendaftar sebagai mahasiswa, kampus ini bisa menjadi pilihan yang cukup bagus.

2. Institut Kesenian Jakarta

Salah satu perguruan tinggi dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia yang dianggap sebagai salah satu pionnya adalah IKJ. Secara umum pembelajaran dunia desain grafis IKJ akan mengenalkan pada komunikasi grafis, komunikasi visual periklanan, multimedia. Diperkirakan setelah mempelajari lebih dalam, Anda akan lebih peka terhadap seni grafis dan visual yang dapat dikembangkan untuk video atau iklan berbayar.

3. Institut Seni Indonesia (ISI)

ISI Denpasar menjadi salah satu referensi evaluasi DKV yang tidak kalah hebatnya. Selain itu ISI Denpasar dan ISI Yogyakarta menjadi referensi jurusan DKV terbaik di Jogja. Sesuai dengan namanya, kampus ISI lebih berkonsentrasi pada bidang seni, teater, musik, drama dan sejenisnya.

4. Keinginan Universitas Pelita

Di kawasan Karawaci, Tangerang, terdapat salah satu universitas yang memiliki jurusan DKV yang cukup populer yaitu Universitas Pelita Harapan. Di dalamnya, jurusan ini cukup terkenal dan disukai banyak mahasiswa baru. DKV UPH juga mendapatkan akreditasi BAN-PT dengan nilai A.

Baca Juga: Daftar 7 Universitas Swasta Terbaik di Bandung Jawa Barat

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas ini menjadi tujuan bagi mahasiswa yang ingin belajar desain. Tidak hanya belajar menggambar grafik 2 dimensi, Anda juga akan dikenalkan dengan media pengolahan 3 dimensi. Tak heran jika banyak lulusan UNS dari jurusan DKV yang berprofesi sebagai animator, fotografer, video editor, dan lain-lain.

6. Universitas Negeri Malang (UM)

UM dapat mempercayakan jurusan DKV terbaik di Indonesia untuk wilayah Jawa Timur. Meski tertinggal jauh dari kompetitor, UM sudah memiliki peringkat akreditasi A. Usianya juga sudah cukup matang, yakni 20 tahun sejak dibuka pada tahun 2000. Hingga saat ini, Universitas Negeri Malang telah melahirkan 42 kelas sukses di bidang videografi, dimensi nirmana, komunikasi periklanan, dan lain-lain.

7. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB merupakan salah satu kampus yang memiliki standar cukup sulit dalam menerima mahasiswa DKV. Paketnya 150 siswa per tahun dan jumlah pendaftar meningkat tahun ini. Untuk lulus, Anda harus lulus tahapan ujian. Pengundian pertama dengan 3 topik utama yang telah ditentukan.

Kedua, setelah dipastikan lulus, tidak bisa langsung masuk jurusan DKV. Anda akan diperbolehkan untuk mempelajari pendidikan dasar FSRD (Fakultas Seni dan Desain) sebelumnya sepanjang tahun.

Pada tahun berikutnya, Anda akan menjumpai berbagai mata kuliah dasar komunikasi visual. Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk memilih salah satu dari 3 jurusan: Komunikasi Multimedia, Komunikasi Grafis, atau Periklanan Visual. Tak heran jika ITB menjadi rujukan jurusan DKV terbaik di Indonesia. Mekanisme keren!

8. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Pada tahun 2018, ITS membuka jurusan Desain Komunikasi Visual. Meski masih muda, materi DKV di ITS bukanlah prodi baru. Sebelum berganti nama, program studi ini berada di bawah naungan Departemen Desain Produk Industri. Banyak prestasi yang telah ditorehkan lulusan DKV ITS. Beragamnya pilihan karya menambah berakhirnya era epidemi yang melanda Indonesia.

Tugas online seperti DKV adalah pilihan yang dapat diandalkan. Baik freelance maupun fulltime di sebuah perusahaan, kehadiran Anda dengan kemampuan desain akan berdampak besar di masa depan. Anda dapat mempromosikan diri Anda sebagai layouter, ilustrator, atau yang lainnya.

Jarang sekali industri game membutuhkan kekuatan Anda untuk meningkatkan kualitas. Dengan memindahkan dan memodifikasi sepenuhnya di area yang Anda suka, tugas apa pun akan terasa mudah untuk ditangani.